AFIKRI
Menu Click to open Menus
Home » Teknologi dan Informasi » Mengenal Hosting sebagai Tempat Server untuk Website

Mengenal Hosting sebagai Tempat Server untuk Website

(54 Views) Agustus 27, 2018 12:36 pm | Published by | No comment

Mengenal Hosting sebagai Tempat Server untuk Website

Apa itu hosting?

Hosting (disebut juga Web Hosting / sewa hosting) adalah penyewaan tempat untuk menampung data-data yang diperlukan oleh sebuah website dan sehingga dapat diakses lewat Internet. Data disini dapat berupa file, gambar, email, aplikasi/program/script dan database.

Hosting sangat diperlukan bila kita mau membuat web professional.

Kembali lagi ke pembahasan mengenai hosting…

Ketika Anda menggunakan internet untuk mengunjungi sebuah website, yang Anda lakukan pertama kali pada browser adalah mengetikkan nama domain atau kata kunci tertentu di kolom pencarian Google.

Kemudian komputer Anda akan terhubung ke server dan halaman website akan dikirimkan dan ditampilkan melalui browser, contohnya seperti halaman yang sedang Anda baca saat ini.

Oleh karena itu ketika Anda ingin memiliki website, domain dan hosting adalah hal utama yang harus Anda beli.

Ibaratkan kita ingin berjualan maka kita mesti memiliki tempat, ruko, toko, kios, nah hosting disini diibaratkan adalah sebagai ruko kita atau rumah kita untuk sebuah website.

Berbeda dengan domain yang sebagai merk atau nama dari sebuah website.

Server hosting terdiri dari gabungan server-server atau sebuah server yang terhubung dengan jaringan internet berkecepatan tinggi.

Jenis – Jenis Hosting yang Ada :

1. Shared Hosting adalah menggunakan server hosting bersama sama dengan pengguna lain satu server dipergunakan oleh lebih dari satu nama domain. Artinya dalam satu server tersebut terdapat beberapa account yang dibedakan antara account satu dan lainnya dengan username dan password.

2. VPS, Virtual Private Server, atau juga dikenal sebagai Virtual Dedicated Server merupakan proses virtualisasi dari lingkungan software sistem operasi yang dipergunakan oleh server. Karena lingkungan ini merupakan lingkungan virtual, hal tersebut memungkinkan untuk menginstall sistem operasi yang dapat berjalan diatas sistem operasi lain.

3. Dedicated Server adalah penggunaan server yang dikhususkan untuk aplikasi yang lebih besar dan tidak bisa dioperasikan dalam shared hosting atau virtual dedicated server. Dalam hal ini, penyediaan server ditanggung oleh perusahaan hosting yang biasanya bekerja sama dengan vendor.

4. Colocation Server adalah layanan penyewaan tempat untuk meletakkan server yang dipergunakan untuk hosting. Server disediakan oleh pelanggan yang biasanya bekerja sama dengan vendor.

Fungsi Hosting

Hosting berfungsi sebagai layanan jasa tempat penyimpanan data untuk website.

Dengan adanya layanan ini, maka server website tidak akan mudah down.

Jadi setiap ada pengguna internet yang ingin mengakses situs Anda, maka orang tersebut dapat mengaksesnya dengan mudah dan lancar.

Fungsinya ini tentu menjadi keuntungan tersendiri bagi para pebisnis.

Karena hosting dapat memudahkan konsumen atau calon pembeli untuk mengakses online shop tanpa halangan selama 24 jam setiap harinya.

 jadi sudah clear kan betapa bergunanya hosting bagi website .

Tags:
Categorised in:

No comment for Mengenal Hosting sebagai Tempat Server untuk Website

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *