AFIKRI
Menu Click to open Menus
Home » All About Batu Permata » Mengenal batu Permata Sapphire

Mengenal batu Permata Sapphire

(79 Views) Agustus 26, 2018 6:00 pm | Published by | No comment

Batu safir istilah yang berkembang di Indonesia adalah jenis bebatuan mineral corundum dengan kekerasan 9 mohs, safir kebanyakan berwarna biru dan dinamakan blue safir, selain warna biru safir mempunyai banyak warna dari colorless, orange, yellow, green, pink, atau paparacha.

Safir yang paling bagus didapat dari Srilangka (ceylon) makanya sering disebut safir ceylon, safir yang bagus adalah kashmir blue safir, atau juga corn flower safir.

Disamping Srilanka safir juga ditemukan di tanzanian dan Mozambique Afrika.

Disebabkan kelangkaan dan kekerasan disamping juga keindahan nya maka di pasaran internasional safir termasuk permata mahal.

Karena bahan/rough safir jarang sekali yang benar2 mulus dan rata-rata pasti retak, makanya untuk memenuhi pasar safir sering di treatment untuk mempercantik tampilannya.

Batu safir identik dengan warna biru yang melambangkan elegan dan ketenangan hati, di zaman dulu kerap menjadi semacam amulet untuk menetralkan emosi yang jahat.

Safir kerap di pakai oleh bangsawan termasuk mendiang ratu Diana yang memakai safir dalam koleksi perhiasannya.

Jadi memang safir adalah bebatuan yang dipakai oleh bangsawan.

Batu safir kebanyakan sekarang sudah ditreatment heat karena untuk menjernihkan warnanya, tetapi banyak juga yang tidak ditreatment sama sekali.

Treatment yang konvensional adalah glass filled safir, ini treatment berat dan baru di temukan oleh ahli permata di thailand sekitar tahun 2003 , awalnya bisa diterima di semua kalangan tetapi setelah treatment ini dinyatakan tidak permanen dan mudah rusak karena cairan kimia maupun ketika melakukan cromium maka selanjutnya treatment ini tidak bisa diterima dikalangan ahli permata.

Akan tetapi batu safir yang besar, jernih, dan berkualitas tetap dihargai mahal walaupun sudah ditreatment, apalagi yang no treatment tentunya.

Jadi tertarikkah anda untuk mempunyai batu safir sebagai pakaian sendiri atau investasi dimasa yang akan datang?😀

Credit by Ahmad Fikri

No comment for Mengenal batu Permata Sapphire

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *